Thursday, June 17, 2004

Gede-pangrango....

besoknya, tanggal 11, aq kewarnet sebentar, pengen ngecek YMku. ternyata bener, k'leha akan nyampe dibandung jam 9.45. langsung aja aq nyari taksi ke bandara. nyampe disana ternyata k'leha dah nyampe. aq lupa face k'leha itu bagaimana. untung dia langsung menghampiriku n menanyakan namaku. kita langsung bersalaman n k'leha mengajakku sarapan. tapi karna udah jadi k'leha makan sendiri n dia memesan soto bandung. sesudah itu langsung menuju kekosanku. ternyata karna soto itu k'leha mules. padahal 2 kamar mandi kosku lagi penuh. k'leha menyuruh mereka untuk keluar. aq juga bingung, bagaimana ini??? akhirnya ada juga yang keluar, itupun k'leha dah panas dingin...*hehehehhe...*. istirahat sebentar, trus jalan2 cari toko barang outdoor. akhirnya kita ke eiger pusat. aq beli jaket polar yang lagi diskon n sarung kaki untuk naek gunung *lupa namanya*. k'leha cuma beli pdl. trus kita ke matahari bancei, nyari pdl boogie. trus kita ke yogya, belanja makanan buat camping. banyak banget belanjaannya, mulai dari sayur, cabe, bawang, ikan asin *???*, banyak dah. pulang2 langsung beres mo pergi ke leuwi panjang. kita sampe disana jam 9. ternyata tinggal 1 bus yang kearah bogor, itupun yang AC. terpaksa deh, daripada ketinggalan. akhirnya kita nyampe diCibodas jam 11.30. langsung naek angkot untuk ke montana dulu. ternyata dah banyak juga anak2 laen yang mo naek. ternyata montana itu jauh juga n tempatnya diatas. rombongan yang ditunggu belum dateng, baru kami ber 2. aq call budi tuk ngasih tuk ngasih tau kalo kami dah nyampe. trus kita rehat bentar, sambil ngisi perut yang dah keroncongan dari tadi. akhirnya budi n rombongan dah dateng, trus kita langsung ke montananya. disana kita kenalan n ngobrol sebentar. kita mulai tidur jam 1 an.

tanggal 12 Juni, jam 6 pagi, kita siap2 tuk daki. jam 7 kita berangkat. kita ber 10, 5 cew n 5 cow. aq, k'leha, nana, dini n risa, cownya budi, eris, dedy, deni n hanif.

seperti biasa, dilakukan ritual doa bersama, supaya dalam perjalanan nanti lancar2 semua n selamat sampe tujuan. aq deg2an, coz baru pertama kali aq daki gunung n temen2 ngasih aq semangat...dari montana ampe kandang badak tracknya sangat rapi n lancar2 saja. rehat pertama kita mampir di telaga, trus rehat lagi cibeureum water fall.

kita kesana sebentar tuk nikmatin suasananya. subhanallah, bagus banget. disana ada 3 air terjun. knapa disebut cibeureum water fall? yang aq baca dipapan petunjuknya, cibeureum itu artinya air merah, coz dibalik air terjun itu ada lumut berwarna merah yang nempel dibebatuan. kita ngambil beberapa pic disana. trus kita kembali tuk lanjutin perjalanan selanjutnya. kadang2 kita istirahat bentar, coz dari cibeureum keperjalanan selanjutnya sudah agak berat n mulai menanjak. trus kita juga melalui sumber air panas. aq pikir bisa mandi2 disana *hehehehehe...* coz dah capek banget. ternyata, kita hanya melewatinya n harus melewatinya. padahal aq pake sepatu sendal. temenku2 yang pake kaos kaki segera melepasnya. aq tanya "kenapa?" mereka bilang nanti kakinya jadi dingin.ooooo....gitu. tapi aq males melepasnya. aq pikir juga gak akan terlalu panas n tracknya gak panjang. ternyata....panas banget n tracknya sekitar 100 meter. waaahhh...aq harus nyari bebatuan yang gak dilewati air panas. tapi tetep aja kena..*uuurrgghhh...panas* lagian lokasinya dipinggir jurang n ada air terjunnya juga. aq gak lepas dari pegangan berupa tali tambang yang dililit besi tipis. takuuut banget perasaanku waktu itu. gak kebayang jatuh dari sana. apalagi batunya licin, aq hampir terjatuh. gak brani deh ngebayanginnya....sebelumnya aq membawa 2 tas n aq tarok di depan n belakangku. yang didepan berupa tas perbekalan. trus dedy nawarin tuk bawain tas perbekalannya. dia kaget, berat banget, pantes jalannya lambat. huh? apa maksudnya?..*hehehehe..padahal malu sih...* katanya tasku lebih berat dari punya dia. yaaa udah dengan senang hati aq menyerahkan tas itu. lega rasanya. ujung2nya tas itu jadi buat masalah. tiap orang gantian bawa tas itu. mereka bilang "berat banget. apa aja sih isinya?"....*hehehehe...belum tau dia*
Alhamdulillah akhirnya kita nyampe juga di kandang badak. aq pikir kandang badak itu daerahnya berupa padang rumput gitu. ternyata cuma daerah yang sedikit terbuka. tanpa diduga dah banyak yang diriin tenda. sebagian besar lagi istirahat. sejenak aq duduk dibawah pohon. aq melihat disekeliling tempat itu. sayang banget, banyak sampah. kemudian kita mencari tempat untuk diriin tenda. anehnya, cow semua yang ngerjain. kita hanya nyiapin bahan makanan untuk dimasak. saat itu kita masak yang praktis2 aja. mi2 rebus pake sosis, wortel n cabe ijo...*waaaahhh...pedes banget ternyata!* dari diriin tenda ampe masak, cow2 yang ngerjain. kita tinggal terima beres aja..*hihihihihi...* kita nyampe disana jam 1 an. lumayan lama.

k'leha pengen daki gunung pangrango sore ini. aq mau aja, walaupun badanku dah gak karuan lagi. akhirnya kita, ber 5 brangkat ke pangrango jam 16.30. temen2 yang gak ikut menyalami n mendoakan kami, semoga sampai tujuan. aq jadi sedih. terbersit dipikiranku...apakah kita akankembali dengan selamat. budi bilang jarang banget yang ke pangrango coz medannya sangat berat. waduuhhh...seberat apa yaaa. bener...medannya sangat berat. banyak pohon tumbang n kita harus menunduk or meloncatinya supaya bisa lewat. di pohonnya juga banyak jenis lumut n aq juga merasa cuacanya juga dah mulai dingin.

sebelumnya aq dah bawa 2 jaket n 1 senter. selama perjalanan aq terus berzikir, coz kabut dah mulai muncul n sudah mulai gelap. banyak track yang membuat kami bingung, sehingga kami selalu bertanya dengan budi, "lewat mana bud, kanan or kiri?" coz budi ada dibelakang nemenin k'leha. hari semakin gelap, tapi kok gak nyampe2 juga yaaa. aq selalu meliahat keatas, sepertinya puncak dah dekat. selalu seperti itu kalo tiap istirahat. tanpa sadar sepertinya kita melalui track yang berulang2. aq pun ngerasain, kok kita sepertinya berputar2 saja. pas mo nyampe puncak, kita denger suara yang bilang minta tolong. suara itu lemah banget, samar2. aq kira cuma pendengaranku aja. tapi semuanya dengar. loh??? perasaanku dah gak enak. ada apa nih? secepatnya kita berjalan tuk nyari sumber suara itu. ternyata ada 4 anak yang sudah tergeletak dengan sleeping bag mereka. ternyata semuanya sakit n kedinginan. mereka anak2 IPB n berniat tuk bermalam di puncak. mereka ternyata tertinggal dengan temen2nya. katanya mereka dah dipuncak. trus kita kasih mereka makanan n jaket. trus kita secepatnya menyusul temen2 mereka. aq pernah denger cerita kalo ada yang pernah meninggal disana. katanya karna asma n hiportemia. pantesan aja...emang dingin banget. alhamdulillah kita ketemu dengan rombongan anak IPB itu. mereka mengira kami itu temennya mereka. langsung aja dikasih tau kalo temennya yang tertinggal itu sedang sakit. semoga mereka gak nyasar tuk temui temen mereka itu. gak lama, kita akhirnya nyampe juga di puncak. alhamdulillah...lafadz itu langsung terucap...subhanallah...akhirnya aq bisa sampe ke puncak. udara disana semakin dingin. langsung aja pake jaket keduaku. tapi tetep aja kedinginan.

disana kita ketemu dengan satu rombongan yang udah sampe duluan. mereka dah diriin tenda n buat api unggun. langsung aja semuanya mendekat. k'leha langsung tertidur di tenda mereka. aq gak tahan lagi, dah kedinginan, baju basah, anginnya juga kenceng plus ngantuk. aq liat2 sekitar puncak, terlihat lampu2 dibawah sana. ntah itu kota apa, bogor or bandung. kita nyampe disana jam 8 lewat. budi bilang kita istirahat dulu ampe jam 9. aq mencoba tidur, tapi gak bisa, coz kedinginan. aq kepikiran dengan orang yang meninggal itu. mungkin begini rasanya, melawan kedinginan yang sangat....akhirnya jam 9 n kami harus pulang. sebelumnya kita ngambil beberapa pic. setelah pamitan, kita mulai menyusuri malam yang mencekam dengan berbekal senter n doa, semoga kita selamat sampai tujuan. aq pikir kita akan sampai dengan cepat, coz 'hanya' menuruni gunung. ternyata sama sulitnya. gak jarang aq harus menuruni bebatuan itu dengan gerakan langsung merosot. sekali kepalaku kejedot kayu, coz gak keliatan. tanpa sadar ternyata aq takut dengan track menurun, so senternya aq kalungin aja. kedua tanganku kugunakan untuk memegangi benda apa aja yang ada disekitarku. aq takut sekali jatuh...tiba2 sinar senterku pelan2 meredup n akhirnya mati. waaahh...aq gak bawa batere cadangan. jadi aq pinjem baterenya nana. ternyata senter k'leha, dedy n budi juga habis. padahal perjalanannya masih lama. waaahhh...kami sempet bingung, bagaimana ini. akhirnya satu senter untuk 2 orang. jadi semakin lama kami sampai. tiba2 kami melihat obor yang sangat terang. loh, ada yang turun? jangan2 anak IPB tadi. aq juga sempet lupa, kok kami tidak melewati track tempat anak2 itu sakit. ternyata mereka dah didepan. trus kita nyusul, untuk memeriksa mereka, apakah baik2 saja. alhamdulillah mereka dah baikan. langsung aja aq suruh mereka untuk stay dulu dikandang badak nantinya. lumayan banyak rombongan mereka n mereka seperti tampak anak2 sekali. akhirnya kami duluan saja. akhirnya batere budi bener2 mati n terpaksa pula dia membawa hp. hpnya jadi pengganti senter n mereka menyuruhku untuk menunggu k'leha n dedy yang ada dibelakang. lumayan lama aq nunggu mereka, sekitar 10 menit. rasa takut mulai menyerangku, mulai ngebayangin yang macem2...akhirnya mereka nongol juga n bisa bergabung dengan nana n budi yang dah duluan. hampir jam 12 kita sampe dikandang badak...alhamdulillah, sampe juga...pengen nangis rasanya, saking senengnya. ternyata temen2 dah pada nungguin. mereka cemas...mereka kira kita akan kembali lagi jam 9 tadi, sedangkan kita baru brangkat dari sana. yang terharunya mereka sudah masak...ada sop yang pedas *^_^*, tumisan daging giling n nasi. aq gak nafsu lagi makan, pengennya minum aja. aq cuma makan sopnya aja. dah pengen tidur banget. akhirnya kita bisa tidur jam 1 an. budi bilang kita akan ke gede jam 7. huh? apa aq sanggup??? mereka menawariku untuk ikut. kalo gak ntahlah...liat aja besok

0 Comments:

Post a Comment

<< Home