Friday, May 02, 2008

ke jakarta

jumat minggu kemaren, ada miskol dari nomer Medan. lah, sapa yaaa yang dari medan, sampe 2 kali miskolnya. pas aq hubungi balik, ternyata dari Lonsum (London Sumatra). hmmm...apa telpon buat interview yaaa. masalahnya bulan januari kemaren aq sempet apply lowongan di Lonsum. sekitar jam 14.30 an mereka telpon lagi. bener aja, ada panggilan test di jakarta. hah, jakarta? knapa gak di medan, aq tanya. kata si mbak HRD nya, yang di medan udah test duluan. ada 2 hal yang bisa disikapi. pertama, Alhamdulillah ada kesempatan lagi. kedua, males banget harus ke jakarta. test tanggal 29, masih ada waktu 3 hari. bisa sih diusahain buat ke jakarta. orang tua juga dah ngizinin buat ikutan test. tapi pas ditanya, emang kerjanya dimana? kata si mbak HRD, kerjanya di daerah Asahan, jauh lagi dari medan. si mama agak ragu buat ngizinin, kalo lulus. yaah, aq bilang aja, usaha dulu aja, kalopun lulus yaaa emang rezekinya disana. tapi kalo nggak, yaaa belum nasib kali yee....

minggu siang pergi naek kramatjati. akhirnya diputuskan menginap di wisma YKPP, depan RSPP. katanya sih lumayan deket dengan tempat testnya, di WTC Sudirman. setelah tanya2, katanya lebih baik aq turun di grogol daripada lebak bulus, rawan, apalagi belum pernah ke jakarta.

nyampe jakarta, perhentian pertama di grogol, pagi, jam 6 kurang. seperti biasa, bengong dulu di terminal, tanya2 sama yang lain, aq harus naek bis patas AC, jurusan Depok-Grogol, kalo mau lewat blok M. belum nyampe 10 menit, bis patas AC itu dah penuh dengan karyawan en mahasiswa. aq gak hapal lagi daerah2 mana aja yang dilewatin. pastinya yang aq inget cuma Trisakti en Tarumanegara.

nyampe blok M, dengan pedenya naek bis nomer 610. abisnya papaku bilang, naek aja bis yang nomer 610, 611, 613, itu lewat RSPP. tapi kok naek bis 610 ini gak nyampe2, katanya cuma 10 menit dari blok M. ini dah ampir setengah jam, gak keliatan juga. akhirnya turun di daerah fatmawati, balik lagi naek bis 610. pas liat plang arah jalan, nemu nama Pasar Mayestik. hah, wisma itu kan blakangnya pasar mayestik. turun lah aq di simpang, trus naek bajaj. terus terang, baru kali ini naek bajaj ^_^ maklum lah, kalo dah kecapekan, ilmu sok tau jadi lebih dominan, alias males nanya
pesan : kalo mau ke RSPP dari blok M. naek bis nomer 69, 74, 611, 609. nah gak tau lagi bis nomer brapa

siangnya, langsung nyari gedung WTC di sudirman. naek busway oooiii....ini juga baru pertama kali. maklum lah orang udik, seperti biasa, clingak-clinguk dulu di antrian loket busway blok M. clingak-clinguk lagi pas di halte. pas masuk bus, enak juga. di rumah, sempet liat peta busway. jadi kalo mau ke WTC, harus turun di bendungan hilir. pas nyampe bendungan hilir, malah juaaauh dari WTC. malah deket dengan halte Karet. yaaahh, namanya juga pertama kali yooo...
pesan ke-2 : kalo dari blok M mau ke WTC, turun di halte Karet aja

karena masih agak siang, critanya mau jalan2 liat jakarta pake busway. si papa bilang, coba ke mangga 2. nyampe stasiun kota, naek angkot biru, nyampe deh mangga 2. seperti pasar2 kebanyakan, tentu saja ruame. apalagi ini pusat grosir, pastinya pusing aja bawaannya kalo ngeliat manusia dan barang2 dagangan yang numplek di satu bangunan. karena emang niatnya gak belanja-belanji, cuma liat2 doang, sekitar jam 5an, pulang saja ke wisma, istirahat

test jam 8, nyampe WTC jam 7 an. di ruang lobi Lonsum dah ada beberapa kandidat yang mempunyai nasib sama. menunggu nasib gawean. setelah kenalan, rata2 mereka dari IPB dan UGM. awalnya kita ngisi form identitas sekalian isi absen. aq liat disana namaku dengan posisi yang ditawarkan: Asisten Ploidy Moleculer (Cytology). whaaattt...cytology? Ploidy? gak salah nih. about cells? My God....kalo gak salah aq apply lowongan buat Oil Palm Moleculer officer deh. knapa jadi cytology. no waaayyy....langsung deh buyar konsentrasi. tipe soal kompetensinya gak kalah kayak soal ujian bu Marsel en bu Mae, essay dan panjang dan with English. duuuuhhh....waktunya cuma 30 menit pula. tentu saja soalnya tentang per-sel-an dan prosesnya. gak nyangka sama sekali dah, bakal kayak gini, jauh dari perkiraan.

selesai test pertama, kita diberi kesempatan buat ikut test kompetensi yang lain. aq pilih untuk molekuler saja, kali aja bisa. soalnya juga lumayan enaken, sesuai harapan. tapi kata mbak HRDnya, ini hanya selingan yaaa, hanya ingin melihat kemampuan yang lain. waduuhhh....
setelah 30 menit, kita disuruh nunggu 15 menitan, karena langsung diumumin buat psikotest. aq dah pasrah dah, biarin gak lolos, aq pengen pulaaaanng. bener aja, dari 12 orang yang ikutan test, cuma 8 orang yang masuk ke tahap berikutnya. sesuai perkiraan, namaku tentu saja tidak ada. lucunya, ada 1 temen yang malah seneng gak lulus. dia bilang ortunya emang gak ngizinin dia buat kerja jauh2 di sumatra, apalagi di pelosok. istilahnya gak redho, waaaahhh....mungkin ini memang yang terbaik lah...hikz

hari itu juga aq telpon agen kramatjati, pesen tiket buat pulang. mumpung masih bisa dan sempet dan masih ada bangku kosong. kayaknya kapok dengan jakarta, masih mending di palembang dah. kalo pun ada test di jakarta lagi, kayaknya mikir2 dulu deh, sesuai dengan kerjaan dan prusahaannya....

Labels:

2 Comments:

Blogger sunday said...

tenang mbak, bukan jalannya okeh

btw, ntar ke bandung yah.

undangan baca aja blogku

10:46 PM 
Anonymous Anonymous said...

I found this site using [url=http://google.com]google.com[/url] And i want to thank you for your work. You have done really very good site. Great work, great site! Thank you!

Sorry for offtopic

3:59 PM 

Post a Comment

<< Home