Tuesday, August 24, 2004

perjalanan ke Gede II (21-22 Agustus 2004)

waaahhhh...ada lagi perjalanan ke Gede II. sebelumnya sih ini dadakan, beritanya baru aq tahu hari kamis, dari Budi Hijjau Momon. dia bilang di Gede akan ada acara Operasi Bersih. ternyata Gede-Pangrango ditutup selama 1 bulan. coz seperti biasa tiap 17 agustusan pasti banyak yang mo ngerayain di puncak gunung. jadi untuk menghindari sesuatu yang tidak diingingkan, para volunteer tidak mengijinkan adanya kegiatan itu. waaahh..mumpung ditutup, jadi mereka ingin mengadakan acara bersih2 gunung gitu. aq pikir ini kesempatan. pasti disana sepi, gak kayak kemaren, rame banget. dikandang badak itu aja kayak pasar jadinya. apalagi sama2 dengan para volunteer menyenangkan...pasti banyak pengalaman baru.

aq pergi sendiri dari bandung (hikz...) coz pas mo bareng dengan anak2 pangrango di bandung, mereka sedang rapat untuk syukuran Gatnas kemaren. nyesel juga sih kemaren gak ikutan. ternyata acaranya rame banget n tentunya banyak kenalan. yaaa sud lah. dengan perjuangan penuh menuju cibodas sendiri, aq brangkat jam 9.30 malem. lagi2 dapet bis ke bogor yang trakhir, pake AC pula. terpaksa deh. coz aq janjian ama Budi n Dini di Cibodasnya. aq cuma bawa perlengkapan daypack aja, males bawa banyak2. coz blajar dari yang kemaren, bisa2 gak kuat untuk naek. lagian aq gak punya karel. itupun cuma bawa sleeping bed, baju n makanan. (sori yaa k'in,jaketnya gak dibawa, males bawa banyak tentengan...ternyata menyesal gak bawa...hikz)

nyampe di cibodas jam 12 malem. ternyata budi n dini dah nunggu. mereka dah tiba 1/2 jam lebih cepet dari aq. ternyata angkot untuk keatas gak ada. jadi kita nunggu disana sekitar 1 1/2 jam! mana mau angkot nganter kita yang cuma bertiga. untunglah, rombongan bubun, hanif, pemburu_tua, bang yar,imel, agli n nana dateng. jadi rame2 kita ke atas naek angkot. pas nyampe di montana langsung istirahat n menggelar sleeping bed masing2, ngantuk euy. kita baru tidur jam 2.30! besoknya, sebelum naek, kita masak nasi goreng dulu, coz kebetulan dah dimasakin nasi. sambil makan aq berkenalan dengan bang Dian, ketua volunteer disana yang kebetulan juga ikut. waaah...manis banget loh, kayak krisna mukti versi mudanya....hihihihihi. awalnya sih aq gak ngeh, ternyata selama perjalanan manis juga orangnya ^_^ dia suka ngobrol n bercanda. jadi selama perjalanan selalu ngobrol biar gak capek. kalo gak ngobrol dia yang malah sibuk sendiri, yaa nyanyilah, siul2, kalo gak cerita2 tentang keadaan utan kalo lagi sepi kayak gini. aq masuk rombongan pertama yang brangkat. kita ber5. aq, dini, bang dian, kisin n hehehehe...aq lupa nama yang satunya. ada sih wisatawan yang dateng, tapi cuma mo liat air terjunnya aja. enak juga euy ikutan daki bareng volunteer, boleh naek n gak bayar...hhihihi, coz kalo ada yang mo daki tapi cuma mo hep fan, gak diijinin bang dian. kalo mau naek sekalian bawa karung, buat bawain sampah ke bawah. lumayan tegas. jadi yang mo naek itu rata2 pada bawa kantong plastik or karung.

ternyata enak banget masuk utan pas lagi sepiiii banget. kita bisa denger suara2 burung yang aneh2, lutung n kita juga nemu kotoran macan! kata bang dian kalo utan lagi dalam keadaan sepi, semua hewan keluar, ngelewatin track. kita sering nemuin kotoran macan n masih fresh!!! aq mulai ketakutan sih, berarti dia gak terlalu jauh dari kita. tapi katanya jangan khawatir, coz malah si macan itu kalo ketemu manusia dia malah lari. wahhh syukur deh. kita lumayan banyak brenti, cuma mo ngamatin burung, jejak hewan or bang dian ngejelasin sesuatu. tapi lumayan cepet kita daki. dari montana ampe cibereum aja cuma 25 menit! waaahhh...luamyan rekor, kata bang dian. apalagi dari cibereum ke selter sebelum air panas, cuma 30 menit! waaahhhh....pas di air panas aq mulai ketakutan. tempat itu merupakan tempat yang lumayan buat aq deg2an. makanya pas mo lewat sana aq banyak doa n persiapan mental, takut kepleset euy.... jadi kalo dah ngelewatin rintangan itu, amanlah...kita brangkat dari montana jam 9.30 n nyampe di kandang badak jam 2. berarti kita cuma 4 1/2 jam. subhanallah...cepet banget.
dibanding dengan pendakian pertama yamg ampe 6 jam.

nyampe di kandang badak sudah ada rombongan laen yang diriin tenda. ternyata itu rombongan anak kmpa itb dengan volunteernya mas herry jawa (dah disampein tuh salamnya k'in). enak banget nih kandang badak sepi, gak kayak kemaren, rame banget, kayak pasar. karena kita semua gak bawa tenda, jadilah kita bermalam di basecampnya kandang badak. di ruangan itu penuh dengan sampah yang dibakar. jadi kita bersih2 dulu. lumayanlah...yang penting terhindar dari angin. kebetulan suhu di sana dah 6 derajat celcius. gile beneeeer..... menggigilnya minta ampun. mo ambil wudhu aja airnya kayak es. tanganku langsung mati rasa. dah beres2 kita masak air, masang tenda darurat n nunggu rombongan kedua. rombongan kedua ada buddi, pemburu_tua (bang asdat), bang war, mbak imel n bubun. lama banget loh, ternyata mereka nyampe jam setengah 5. ternyata setiap istirahat mereka nyapu2 n masak. pantesan....selama nunggu mereka aq sibuk nyariin buah arbei. gede2 banget, ada yang warna merah n kuning. hmmmmm....rasanya asem seger. trus kita buat api unggun. lumayan nih buat ngangetin badan.

malemnya kita banyak ngabisin waktu dengan ngobrol2 di depan api unggun. awalnya ada yang mo ke pangrango, tapi keburu dah kesorean. trauma aja dengan yang kemaren kalo pergi malem. lagian aq cuma bawa jaket satu. malemnya aq mimpi aneh. tapi kayak bener2 terjadi. mungkin ini pengaruh cerita2 serem bang dian tentang kandang badak. coz disana itu dulu2nya bekas kuburan masal pas jamannya DI-TII. iiihhh...syereeemm. aq ngerasa di sekita kepalaku ada suara2 yang berisik n sangat mengganggu. tiba2 aja mengalami ketakutan yang dasyat. langsung aja aq takbiran n tiba2 gak inget lagi apa selanjutnya. pingsan kali....ternyata pas aq ceritain ke temen2ku ada temenku yang juga ngalamin. katanya kayak ada suara ribut n mengganggu. waaahhhh...jadi bingung nih, beneran apa mimpi.... tapi memang suka ada yang aneh2 sih disekitar kandang badak. waktu aq naek pangrango, aq pernah denger suara cewek minta2 tolong. tapi pas aq tanyain ke yang laen katanya gak denger. loooohhh....kok cuma aq yang denger. trus kata budi gak usah dihiraukan, cuekin aja. langsung aja ada acara zikir2an, supaya gpp.

paginya kita masak nasi uduk. semua bahannya yang bawa bang dian. waahhhh...aq jadi malu, yang hanya membawa mie 2 bungkus. gak sebanding, masak kalah dengan cowok....jadilah kita sarapan pagi dengan nasi uduk n kornet. enak banget sih, tapi aq maemnya dikit coz dah kenyang. trus kita siap2 mo ke kawah Gede. waahh..penasaran, coz kemaren kita dah ke puncaknya. ternyata tracknya lumayan enak tapi kecil n jalan utamanya banyak ditutupi ranting pohon yang jatuh n rumput. jadi kita jalannya agak hati2. pas sampe dikawah...subhanallah, bagus banget. kita dikelilingi tebing2 dari gunung Gede. aq n dini banyak makan buah cantigi, tapi dini kayaknya mabok cantigi deh. Alhamdulillah, kita sampai di salah satu kawah, aq lupa namanya. kalo kemaren kita memandang ke kawah dari gunung Gede, sekarang kita melihat ke atas, memandangi tebing2 gunung Gede. terlihat dari dindingnya keluar asap n ditutupi dengan belerang. trus kita naek lagi tuk ngeliat kawah yang laen. di depan kami terdapat kawah Ratu, tapi harus naek lagi. waahhh...pengalaman yang berbeda. laen kali pengen liat alun2nya.

trus kita langsung pulang, biar gak kemaleman nantinya. nyampe di kandang badak jam 12 an n kita cabut dari sana jam 1. pas turun kita memang gak buru2 amat coz disambi dengan ngambilin sampah. pas nyampe di panyangcangan dah ada nana n citra nungguin kita. dia banyak bawa kebutuhan logistik. kebetulan aq dah laper banget. waaahhh...rekor juga nih buatku. kita turun cuma 3 jam-an!!! menyenangkan.... sebelum pulang ke rumah masing2 kita makan bakso dulu di pasar cipanas. dah kangen nih dengan peradaban. yang laen pada pulang ke jakarta n bogor. sedangkan aq sendiri pulang ke bandung...hikz. alhamdulillahnya, pas naek angkot ke kalapa n dago, semua angkotnya pada ngebut n i'm alone!

nyampe di leuwipanjang aja jam setengah sebelas n nyampe di kos jam 11. alhamdulillah gak ada apa2. sebelumnya beli bubur dulu, laper lagi sih. akhirnya bisa menikmati tempat tidur paling enak di bandung...