Tuesday, October 17, 2006

*** Serangga Penyerbuk Dorong Evolusi Bentuk Bunga ***

aq ambil artikel ini dari kompas edisi senin 16 oktober 2006. lumayan juga buat baca2...

JAKARTA, SENIN--Selain berwarna-warni, mahkota bunga tampil dengan berbagai bentuk. Namun, secara umum, mahkota bunga dapat dibagi menjadi dua kelompok yakni yang berbentuk simetri radial, misalnya bunga lili, dan simetri bilateral, misalnya anggrek.

Dari bukti-bukti fosil bunga yang pernah ditemukan dan sifat genetika tumbuhan menunjukkan bahwa simetri radial merupakan sifat dasar yang dibawa sejak zaman purba. Sedangkan bentuk simetri bilateral muncul secara acak di berbagai jenis tumbuhan kemudian.

Para peneliti berusaha mempelajari mengapa beberapa jenis tumbuhan memilih bentuk simetri bilateral dalam proses seleksi alam. Tim yang dipimpin Jose Gomez dari Universitas Granada Spanyol mempelajari tumbuhan herba Erysimum mediohispanicum yang tumbuh di daerah selatan Spanyol.

Tumbuhan ini dipilih sebab memiliki bunga ganda yang berbentuk simetri radial maupun bilateral. Gomez dan para peneliti lainnya mengamati jenis serangga yang membantu penyerbukan bunganya dan mengamati dimensi bunga dengan teknik morfometri geometri.

Dari 2000 kali pengamatan yang berselang satu menit terlihat bahwa serangga yang paling sering datang adalah kumbang Meligethes maurus. Sekitar 80 persen dari total kunjungan dilakukan kumbang yang berukuran kecil tersebut..

Mereka juga menemukan bahwa bunga yang berbentuk simetri bilateral lebih sering dikunjungi kumbang daripada yang simetri radial. Selain itu, tumbuhan yang memiliki bunga berbentuk simetri bilateral menghasilkan biji dan tunas lebih banyak.

Ini menunjukkan bahwa keturunan yang memiliki bunga simetri bilateral akan lebih banyak daripada yang simetri radial. Serangga juga cenderung memilih mendatangi bunga yang berbentuk simetri bilateral. Hal tersebut merupakan faktor yang mendorong evolusi bunga. Temuan ini dilaporkan dalam jurnal American Naturalist.

Yang masih menjadi pertanyaan sekarang, mengapa kumbang memilih bunga yang bilateral? "Mungkin karena bentuk yang bilateral lebih mudah didarati serangga," ujar Gomez.

4 Comments:

Blogger sunday said...

walah, yang lagi doyan kembang :D
jadi kayak kumbang :P

5:26 PM 
Blogger decy said...

biarin, kan mau jadi pedagang:D

11:16 AM 
Blogger obot said...

hah. bukan jadi pedagang. ini mah trauma TA hehehe :P

1:39 PM 
Blogger decy said...

waahh pak obot ndak sopan :p trauma sih ndak, hanya obsesi yang tertunda *huueekkk...*

2:49 PM 

Post a Comment

<< Home