Monday, November 05, 2007

kuliner

kurang dari setaun aq dah di palembang. semenjak tinggal ngekos di bandung selama 3,5 taun, jadinya sudah kebiasaan untuk hunting makanan enak di palembang. tapi yang aq cari malah restoran atau warung makan yang ada menu andalannya bebek bakar. gak tau knapa yaaa, suka banget dengan daging bebek. awalnya waktu di bandung, kalo lauk makan pasti gak jauh2 dari ayam. masalahnya kalo ikan cukup mahal dibanding ayam atau daging. ini kebalikan dengan palembang. alhamdulillah macem2 jenis ikan sungai dan laut mudah ditemuin.

kalo di bandung, tepatnya simpang dago, ada warung ayam goreng yang enak banget. nama warungnya gak ada. tapi tempatnya itu deket dengan penjual sate padang, sejajar dengan jualan roti bakar simpang dago. itu pasti rame banget kalo malem. karena warung ini terkenal dengan sambel terasinya yang wuenak dan pedaaaass. malah si ibunya suka bilang, neng sambelnya lada pisan nteu?

trus yang terkenal juga warungnya 'pak kumis' dengan ciri khasnya ayam dan bebek goreng penyet. wah nih makanan memang asiik banget. sambelnya itu loh, langsung dibuat ditempatnya dan bahan2nya fresh from the wajan kalo mau beli bebek alhamdulillah bisa kebeli seminggu sekali, mayan mahal bo, 9 rebu. tapi kalo lagi ngiler ama bebek penyetnya pak kumis bisa seminggu 2 kali *pemerasan*

nah, kebiasaan ini kebawa ampe palembang. syukurnya di palembang juga lumayan banyak penjual bebek goreng or bakar. yang aq suka banget itu bebek bakarnya 'Ibu Darmin'. lokasinya ada di daerah Tangga Takat, plaju, sebelahnya kantor camat SU I. itu bebek bakarnya wuenak tenan. bebeknya gede, dagingnya empuk, bumbunya banyak, agak manis trus sambelnya ada 3 macem....mantaapp. ditambah sayur asem yang memang rada manis, tapi gpp lah yang penting bebeknya enak. harganya cuma 12 rebu. wajar sih, bebeknya lumayan gede kalo buat makan sendiri . enak makan diwarung dibanding bawa ke rumah, jadi anget2 maknyus gitu

satu lagi ada di kawasan jalan Radial, depan Ramayana. disitu ada tempat khusus makanan seafood. tapi yang enak itu warung yang dipinggir pintu masuk sebelah kanan. disitu bebek bakarnya enak juga tapi sambelnya kurang mantap. yaaa lumayanlah.

jadi yaaa cuma 2 tempat itu yang paling enak bebek bakarnya. ada sih di jalan Radial juga, ada yang jual bebek krispi dari Bali. mahal banget coy, 1 porsi 40 rebu. semalem makan disana, tapi karna harganya muahal jadinya makan mie goreng terasi aja

Labels:

5 Comments:

Anonymous undil said...

Nah, satu lagi calon pengganti bondan winarno

10:30 PM 
Anonymous Anonymous said...

berkunjung...

jadi ikut ngiler. btw, palembang itu kan surga makanan enak. martabak har, pempek bakar, model...sambal nanas dan tempoya'....

wahhhhh....hiks...hiks...sudah lama tidak berkunjung ke sana. katanya kuto besak sekarang bagus ya..

-enci-

9:06 AM 
Blogger decy said...

@ undil
ehm..ehm..yups

@teh enci
makasih teh dah berkunjung. emang teh, semua makanan palembang buat ngiler. kalo 2 hari gak makan pempek gimana gitu =)
bener teh, kuto besak dah bagus, apalagi kalo malem. plazanya juga keren. ntar saya mau foto2 lagi daerah sana

7:18 PM 
Blogger sunday said...

wah, tambah gembul donk

9:00 PM 
Blogger decy said...

benaaarrrr.... ^_^

8:10 PM 

Post a Comment

<< Home