Saturday, October 29, 2005

*** kecelakaan di kos ***

kejadian ini sangat2 membuat aq tidak tenang untuk sementara. sampai aq dah dikampung halaman pun bayangan kejadian itu gak bisa ilang dari pikiran. waktu itu baru pulang dari acara BuBar di rumah pak Adi. dah nyampe di kosan sekitar jam 20.30. kosan dah sepi, mungkin dah pada mau tidur. aq langsung aja ke atas. tiba2 santi ngampirin aq, mau ngasihin surat buat adekku. trus kita ngobrol2 bentar, lalu aq masuk ke kamarku, dia juga langsung ke kamarnya. baru aja letakin tas, tiba2 kedengaran suara BUUKK!!! dan dengan sedikit getaran. heh? apaan tuh? aq pikir itu suara kotak gede yang jatuh coz diblakang kamarku banyak kotak2 yang disimpen disana. tapi kok pake teriakan. aq segera kluar mo cari tau. tiba ada salah satu anak yang teriak, santiiiii!!! hah? santi? knapa? pas aq liat kebawah, santi dah tergeletak dengan posisi telungkup. Allahu akbar!!! langsung aja aq lari ke bawah. yayuk dan ana dah teriak, masalahnya santi jatuh di depan kamar yayuk n ana. (kosanku itu ada lorong yang dipinggirnya ada pagar pembatas, kayak balkonlah) pas si yayuk mo balikin badan santi, tiba2 dia teriak, ternyata ada darah banyak banget. mereka langsung keluar dan aq juga agak takut ngeliatnya. sekilas memang aq liat dah banyak banget darah di daerah kepalanya. aq langsung ke depan, gedor2 kaca rumah ibu. yang lain bangunin mas aryo. aq terus terang gak brani sendirian deketin santi. akhirnya mas aryo yang duluan deketein santi, baru aq menyusul. gak tau harus ngapain, tapi kita berusaha mindahin santi ke tempat lain. aq ke atas ngambil handuk buat ngelap muka santi yang penuh dengan darah. darah keluar dari mana2, kepala, pelipis, dan hidung. alhamdulillah dia setengah sadar, jadi bisa diatur sedikit. mas aryo langsung bersihin darah yang di lantai. aq bingung mo ngapain lagi, akhirnya teriak2 aja ama yang lain buat minta bantuan. ternyata bapak dah minta bantuan ama anak dan tetangganya. aq segera lari ke simpang buat nyari angkot atau apalah, buat bawa santi ke rumah sakit. padahal malem itu hujan dan banjir. bodo amatlah pikirku

di angkotpun santi masih muntah darah dan makanan, darah dari hidung juga gak kalah banyak keluarnya. pas nyampe di UGD baromeus, ternyata penuh. tapi akhirnya dapet tempat juga. aq langsung ditanyai petugas disana. bingung mo ngapain lagi. jadi cuma bisa bolak-balik aja, apalagi yang harus dilakukan. agak tenang sedikit, aq liat diriku sendiri, jilbab putih yang ada darahnya, celana putih yang gak berbentuk lagi, campur tanah dan darah, basah, sendal jepit dengan kaki kotor. innalillahi...knapa bisa gini? aq masih bengong, masih kurang percaya kalo sekarang lagi di UGD. santi langsung ditangani oleh dokter jaga sana dan aq ditanyai macem2 lagi. ikut bersih2in juga. ternyata dia muntah lagi dan lebih parah. setelah agak tenang, dokter menyuruhku untuk ke bagian administrasi, mengurus pembayaran ruang ICU. karena kami tidak bisa bertanggung jawab hal itu, jadi ditunda dulu. untuk sementara santi tetap di UGD dengan alat yang lengkap. aq dan mas aryo pulang dulu, untuk ngabarin orang tuanya.

sampai di kos, aq ngabarin keadaan santi ama yang lain. ibu kos juga panik banget. ternyata mereka dah ngabari keluarga santi di Ciamis dan akan segera ke bandung. aq segera bersih2, shalat trus pergi lagi. sampai disana keadaan santi makin kritis, khawatir banget. ternyata santi dah di rontgen, tapi hasilnya belum tau. kemungkinan pendarahan di otak ada. dokter jaga bilang aq harus segera menelpon orang tuanya untuk minta persetujuan pemasangan alat bantu nafas, karena semakin kritis. setelah ditelpon ternyata orang tuanya setuju, apapun yang harus dilakukan untuk penyelamatan, lakukan saja, operasi sekalipun. lalu segera dipasanglah alat2 itu. ternyata dia kejang2 dan semakin kritis. panik sekali. muntah darah pun masih banyak.
sekitar jam 1 an dokter ahli syaraf dateng dan menjelaskan tentang hasil rontgen. dia bilang memang ada pendarahan di otak kanan bagian depan dan juga berdampak pada otak belakang bagian kiri. jika pendarahan itu sampai ke otak bagian tengah harus dilakukan operasi, untuk ngambil gumpalan darahnya. kalo tidak, bisa mengganggu syaraf bicaranya. Masya Allah, sebegitu parahnya. paginya harus di rontgen lagi untuk tau penyebaran pendarahannya. setelah diperiksa kondisi santi cukup stabi hanya mengalami gangguan pada pernafasannya. mungkin masih banyak darah di paru2nya.

akhirnya orangtuanya dateng jam 2.30. cukup tegar... tentu saja aq harus menceritakan ke mereka gimana kejadiannya. kami perkirakan santi duduk2 di pagar pembatas itu, mungkin dia terpeleset atau apa, jadi hilang keseimbangan dan jatuh. mereka gak menduga kalo bisa kayak gini. ternyata ayahnya seorang Kapolsek Banjar, pantes aja cukup tegar melihat keadaan anaknya kayak gitu. mereka juga dapet penjelasan dari dokter jaga dan apa yang harus dilakukan. jam 3 aq dan mas aryo pamit pulang, coz siangnya kami mau mudik dan belum beres2. sampe dirumah juga aq gak bisa tidur, kebayang terus. baru bisa tidur jam 5 dan jam 8 bangun buat beres2. akhirnya bales dendam tidurku di lakukan di bis saja. benar2 lelah...kabarnya santi jadi dioperasi dan belum sadar.

Yaa Rab, semoga kau berikan kesembuhan buat dia dan Kau berikan kesabaran dan ketabahan bagi keluarganya...amin

Labels:

3 Comments:

Blogger timpakul said...

semoga kawannya cepat sehat kembali :-)

7:43 PM 
Blogger decy said...

amiin...

10:41 PM 
Blogger sunday said...

untung aku ga jadi pindah ke kosan mbak decy :D hhehehe...ga ada hubungannya dink

5:58 PM 

Post a Comment

<< Home